Home » » The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik

The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik

Pada tahun 1997 musim panas, NOAA ( U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration ) merekam suara misterius dari dalam laut ketika mereka tengah melakukan riset di Samudera Pasifik. Sumber suara masih belum diketahui sampai sekarang, karena memang suara ini belum pernah didengar sebelumnya. Karena kemisteriusannya, suara ini kemudian dikenal dengan nama "The Bloop".



Spectogram The Bloop

Equatorial Pacific Ocean Autonomous Hydrophone Array

The Bloop adalah sebuah nama yang diberikan untuk sebuah suara misterius yang dideteksi dari dalam laut. Suara yang termasuk dalam ultra-low frequency tersebut terdengar cukup keras ketika peralatan NOAA yang disebut Equatorial Pacific Ocean autonomous hydrophone array, sebuah alat khusus yang didesain untuk mendeteksi kapal selam milik Sovyet menangkap sebuah suara frekuensi rendah, namun terdengar cukup keras dari dalam laut.





Suara misterius tersebut terekam oleh NOAA di sebuah tempat di Samudera Pasifik Selatan, dan terekam berkali kali oleh Equatorial Pacific Ocean Autonomous Hydrophone Array. Menurut deskripsi NOAA, suara tersebut muncul berkali - kali dalam frekuensi tetap selama lebih dari satu menit. Suara tersebut menghasilkan amplitudo yang cukup untuk diterima beberapa sensor dalam jarak lebih dari 5000 km, sehingga suara misterius tersebut terdengar cukup jelas dalam EPOAHA.



Ilmuwan NOAA, Dr. Christopher Fox mengatakan jika ia tidak percaya bahwa suara tersebut berasal atau buatan manusia, seperti suara kapal selam atau bom, bahkan ia juga tidak percaya bahwa suara tersebut mungkin berasal dari fenomena alam.

Sementara itu, beberapa ilmuwan berpendapat jika profil suara tersebut sebenarnya cocok dengan frekuensi suara hewan yang hidup di samudera , namun meskipun cocok, tidak ada satu hewan pun yang dapat menghasilkan suara sekeras itu sehingga sumber suara tersebut masih menjadi misteri karena suara tersebut belum pernah didengar sebelumnya, terlebih sumber suara tersebut diperkirakan jauh dari NOAA, namun terdengar sangat keras dan jelas. Suara ini bukan suara misterius pertama yang pernah terekam oleh NOAA, namun ada beberapa lagi suara misterius yang belum dapat dijelaskan asal usulnya, yaitu Julia, Train, Slowdown, Whistle dan Upsweep.

Sampai sekarang belum ada penjelasan tentang rekaman suara misterius ini. Bagi para pembaca yang ingin mendengarkan rekaman suara ini, saya akan sertakan dua file berbeda. File pertama adalah file asli, sedangkan file kedua adalah rekaman yang sudah dipercepat hingga 16x sehingga bisa didengar.

File pertama, klik disini

File Kedua, klik disini

Sekian dulu postingan kali ini, maaf jika informasi yang ada didalam artikel ini sedikit karena memang tidak banyak informasi yang tersedia. Terima kasih

(wikipedia, noiseaddicts.com)
Anda sedang membaca artikel tentang The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik yang ditulis oleh TIA NANDA dan anda bisa menemukan artikel The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik ini dengan url http://tiyosi.blogspot.com/2012/06/bloop-suara-misterius-dari-samudera.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link The Bloop, Suara Misterius Dari Samudera Pasifik sebagai sumbernya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TIYOSI BLOG

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : DDB | ZB | Tia Nanda
Copyright © 2011. Berita dan Informasi Terbaru - All Rights Reserved
Template Modify by Rosianto
Proudly powered by Blogger