Home » » Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA

Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA

Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA - Badai matahari (coronal mass ejection/CME) merupakan kejadian atau fenomena pelepasan energi besar radiasi dan gas pembakaran dari permukaan matahari. Radiasi ini nantinya menyebar ke luar angkasa dan akan sampai ke atmosfer bumi.
 
Efek dari badai matahari bisa mengakibatkan badai magnetik di bumi hingga kerusakan listrik, sinyal telepon, dan kekacauan Global Positioning System (GPS). Fenomena ini merupakan fenomena alam yang wajar dan memasuki siklus 11 tahunan, di mana akan mencapai puncaknya pada 2013 nanti.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperingatkan jika sepanjang tahun 2012 dan 2013 aktivitas matahari tengah meningkat dan mengakibatkan badai matahari yang lebih sering di bumi. Namun, penduduk bumi tidak perlu khawatir karena badai kali ini tidak akan menimbulkan kekacauan alam. Malah, akan menghasilkan fenomena alam indah, Aurora.

NASA juga menegaskan sudah siap untuk mengatasi badai matahari ini. Namun, yang disayangkan adalah terganggunya kehidupan sosial masyarakat yang disebabkan oleh badai matahari. Masyarakat di abad sekarang sangat bergantung sekali pada sistem berteknologi tinggi seperti GPS dan komunikasi satelit. Dan semuanya itu sangat rentan dengan dampak negatif yang ditimbulkan oleh badai matahari," kata Lika Guhathakurta sebagai ahli fisika dari NASA. (aladiw,NatGeo/liputan6,nasa)
Anda sedang membaca artikel tentang Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA yang ditulis oleh TIA NANDA dan anda bisa menemukan artikel Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA ini dengan url http://tiyosi.blogspot.com/2012/05/fenomena-badai-matahari-2012-2013-versi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Fenomena Badai Matahari 2012-2013 Versi NASA sebagai sumbernya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TIYOSI BLOG

2 komentar:

Unknown mengatakan...

terus bener selama 3 hari gelap gulita tanpa alat komunikasi ? apa dapat menyebabkan tsunami juga?

Unknown mengatakan...

terus bener selama 3 hari gelap gulita tanpa alat komunikasi ? apa dapat menyebabkan tsunami juga?

Posting Komentar

 
Support : DDB | ZB | Tia Nanda
Copyright © 2011. Berita dan Informasi Terbaru - All Rights Reserved
Template Modify by Rosianto
Proudly powered by Blogger